Label

Senin, 02 Maret 2015

Menghitung Luas Areal dengan Bantuan Google Earth

Ketika melakukan perhitungan luas areal tetapi kita tidak mempunyai peta yang representatif, alternatifnya bisa menggunakan bantuan Google Earth. Google Earth adalah sebuah software yang menampilkan kenampakan permukaan bumi dan software tersebut bisa diunduh secara cuma-cuma (gratis), kecuali yang Pro. Di Google Earth tersedia fasilitas pengaris yang bisa membantu kita mengetahui jarak dan arah satu titik dengan titik lainnya. Ketika jarak antara satu titik dan titik lainnya diketahui, maka sangat dimungkinkan perhitungan luas areal bisa dilakukan.
Langkah-langkah menghitung luas areal dengan bantuan Google Earth adalah sebagai berkut :
1.      Buka software Google Earth yang telah terinstal di komputer kalian
2.      Plot atau tandai areal yang ingin diukur luasannya, dan kemudian tarik garis yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya sehingga membentuk poligon tertutup.
3.      Klik pengaris dan ukur jarak antara satu titik dengan titik lainnya. Catat jarak dan arahnya. Arah diperlukan untuk menggambarkan kembali poligon tertutup diatas kertas milimeter block.
4.      Gambarkan kembali hasil pengukuran diatas kertas milimeter block dengan skala yang representatif.
5.      Gunakan busur derajat untuk menentukan posisi titik-titik poligon diatas kertas milimeter block
6.      Hitung luas areal dengan metode-metode yang biasa digunakan dalam mengukur luas kenampakan areal, seperti grid bujur sangkar, metode strip, metode koordinat atau metode lainnya.
Contoh :
Hasil ploting suatu kenampakan areal dalam Google Earth beserta data pengkuran ditampilkan di bawah ini. Hitunglah luas areal tersebut.


Titik
Jarak
Arah
Dari
Ke
(meter)
(0)
P1
P2
153,6
48
P2
P3
265
152
P3
P4
68,9
218
P4
P1
215,5
307
Penyelesaian :
Kenampakan areal tersebut akan dihitung menggunakan metode koordinat. Oleh karena itu berdasarkan gambar dan data pengukuran, dibuatlah sketsnya dengan skala 1 : 1000. Setelah itu dibuat sumbu x dan y dan ditentukan koordinatnya untuk kemudian dihitung luas arealnya.

Hasil perhitungan ditampilkan dalam tabel berikut ini :
Dari hasil perhitungan, luasan areal tersebut ± 3,80 hektar. Itu merupkan perhitungan secara kasar, dalam artian mendekatilah.
Kira-kira demikian cara menghitung luas areal dengan bantuan Google Earth. Semoga apa yang telah dibahas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. (*)


9 komentar:

  1. Tutorialnya kurang detail, masih bingung

    BalasHapus
  2. bingungggg.... koordinat P.1 ( x=0 dan y=170 )itu dapat dari mana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. P1 = (x, y )=(0,170) maksudnya pada arah sumbu x (horizontal) ada di posisi 0, sumbu Y (vertikal) ada di posisi 170 karena berada 2 garis diatas 15

      Hapus
  3. gan, itu kertasnya kertas milimeter block merk apaan yah?
    kok ada angkanya?
    lagi butuh yang kayak gitu.

    BalasHapus
  4. buka link ini aja mas untuk untuk luas di google maps

    BalasHapus
  5. http://www.gravoplex.com/Planimeter/GMapPlanimeter.html

    BalasHapus
  6. Kalau menghitung luas dengan aplikasi yang ada di android atau IOS tapi datanya berdasarkan koordinat pake aplikasi apa ya mas?

    BalasHapus