Label

Sabtu, 14 Maret 2015

Beberapa Sumber Mendapatkan Data DEM

Beberapa hari yang lalu telah dibahas mengenai membuat peta memakai data DEM SRTM 90 meter. Selain data DEM dari SRTM, ada juga data DEM (digital elevation model) atau data elevasi digital dari ASTER GDEM dan tempat untuk mendapatkannya disini (http://gdem.ersdac.jspacesystems.or.jp/search.jsp). Untuk mendapatkannya kalian harus login terlebih dahulu dan ikuti prosedur-prosedur yang ada disitu.
Selain SRTM 90 meter, ada juga yang baru yakni DEM SRTM 30 meter. Untuk Data SRTM 30 meter, kalian bisa dapatkan disini (http://earthexplorer.usgs.gov/). Untuk mendapatkannya kalian harus login terlebih dahulu dan ikuti prosedur-prosedur yang ada disitu. Data SRTM 30 meter ini baru direleases 23 September 2014 lalu, oleh NGA, NASA dan USGS (Badan Pemerintah milik negara Amerika Serikat). Bisa dikatakan SRTM 30 meter, ini merupakan penyempurnaan dari SRTM 90 meter yang sudah ada lebih dulu.
Nah, sekarang coba kita lakukan perbandingan antara ketiga data DEM tersebut, dimana letak perbedaan antara ketigannya. Di bawah ini diperlihatkan kenampakan terrain wilayah Abepura dan Sekitarnya untuk masing-masing ketiga data DEM tersebut.

Gambar 1. DEM SRTM 90 Meter 
Gambar 2. DEM ASTER GDEM 
Gambar 3. DEM SRTM 30 Meter 
Letak perbedaan ketiganya adalah resolusinya, gambar pertama resolusinya 90 meter, jadi tidak detail. Gambar ke 2 dan ke-3 resolusinya sama 30 meter, tapi gambar ke-3 SRTM 30 meter ini permukaan dan sayatannya lebih halus. Pada SRTM 30 Meter ini ada penyempurnaan elevasi tempat, karena terkadang ada tempat yang seharusnya bukit tapi terainnya flat. Data DEM juga banyak kesalahan, sehingga harus di match dengan data survey lapangan. 
Ketiga data DEM diatas bisa dijadikan peta dasar (ground map) dalam pembuatan peta-peta tertentu. Tinggal kita sesuaikan dengan keperluan dan luas lokasi, kalau lokasinya luas pakai SRTM 90 meter. Kalau lokasinya kecil, ya pakai yang SRTM 30 meter atau bisa juga pakai data DEM dari ASTER GDEM. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar