Label

Kamis, 12 Maret 2015

Membuat Peta Memakai Data DEM SRTM 90 Meter

Para mahasiswa atau kalangan umum seringkali dalam membuat laporan tugas atau laporan observasi lapangan, dituntut untuk membuat peta yang menunjukan letak lokasi dimana observasi dilakukan. Salah satu cara cepat dan sederhana dalam membuat peta adalah memakai data DEM SRTM yang bisa didapat secara gratis. Data DEM SRTM ini bisa dijadikan peta dasar (ground map), untuk menghasilkan peta-peta tertentu.
Contoh :

Sebagai contoh kita ingin membuat peta Pulau Biak dan sekitarnya

Adapun langkah-langkah membuat peta dengan data DEM SRTM adalah sebagai berikut :

1.      Buka web CGIAR-CSI, cari dan tandai kotak yang menunjukan bagian tengah Pulau Papua, yang mana Pulau Biak berada. Setelah tandai, kalian klik di bagian Click here Begin Search. Setelah diklik akan muncul gambar bagian tengah Pulau Papua. Untuk download secara direct itu klik Data Download (HTTP).



2.      Sebelum file hasil download di buka, harus di extract terlebih dahulu. Data DEM SRTM ini formatnya GeoTiff. Data DEM SRTM ini kalian bisa buka di software Arc Map, Global Mapper, dll. Disini penulis memakai software gratisan, 3DEM.
3.      Data DEM SRTM bagian tengah Pulau Papua dibuka di software 3DEM.
4.      Selanjutnya pilih Operation dan klik Select Smaller Area, lalu pagari Pulau Biak dengan tanda merah, lalu tekan enter sehingga tercrop. Di layar akan nampak hanya pulau Biak.


5.      Kemudian kita akan memberi warna area berdasarkan ketinggian, dengan memilih Color Scale dan mengklik Modify Scale.


6.      Setelah dirasa tuntas, hasil pekerjaan kita disimpan dengan mengklik Save Map Image (formatnya, bisa JPEG, BMP, dll).
7.      Gambar peta yang telah disimpan bisa diedit sesuai keperluan, misalnya memberi nama-nama tempat, dll. Seperti yang telah penulis buat di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar