Label

Minggu, 15 Maret 2015

Membuat Peta Kontur Memakai Data DEM SRTM

Beberapa hari yang lalu telah dibahas mengenai sumber atau link untuk mendapatkan data DEM. Data DEM selain bisa dikonversi kedalam bentuk peta terrain (peta timbul), juga bisa dibuat peta yang flat (peta datar), dengan cara merubah kedalaman relief (shaded deep) menjadi 0%.
Selain itu data SRTM itu bisa juga dikonversi menjadi garis-garis kontur, yakni garis-garis yang menghubungkan titik-titik yang memiliki ketinggian sama. Untuk membuat peta kontur kita akan memakai sebuah free software, QuickGrid. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.      Simpan data DEM SRTM yang dibuka di software 3DEM ke format USGS ASCII DEM, dengan cara pilih File dan klik Save USGS ASCII DEM.


2.      Buka software QucikGrid. Pilih File > Pilih Input a grid > pilih dan klik Load 1-Degree USGS DEM from file. Kemudian cari file yang tadi disimpan.


3.      Atur interval kontur dengan cara pilih Edit > pilih dan klik Contour Interval and Labels.


4.      Kita dapat mewarnai peta contour yang telah dibuat berdasarkan elevasi dengan cara pilih Edit dan Klik Colour Map.


5.      Selain menggunakan blended colour yang ada dalam software QuickGrid. Kita juga dapat mengedit sendiri peta contour yang telah dibuat di software lain, misalnya untuk memasukan nama-nama tempat, dll. Seperti yang telah penulis buat di bawah ini.


7.      Selain itu, ada cara pengeditan peta yang cepat yakni dengan cara melapisi (layer), dimana peta timbul yang dibuat di 3DEM dilayer atau dilapis dengan peta kontur yang dibuat di QuickGrid. Bagaimana cara melakukan layer, pasti kebanyakan dari kalian yang suka mengedit photo sudah tahu. 

Peta terrain (peta timbul)

Peta Kontur 

Hasil Perlapisan (layer) peta timbul dengan peta kontur 


1 komentar: