Label

Jumat, 09 Desember 2011

Penambangan Batu Gamping


Internet
 
Melihat gambar diatas pasti Anda berpikir bahwa kita sedang membahas tambang, yups dugaan Anda benar. Topik kita kali ini membahas tambang batu gamping, bagi Anda yang tidak tahu apa itu batu gamping, batu gampng bahasa tanahnya “batu karang” yang biasa dong pake buat batu tela, Anda bisa lihat sendiri di daerah Polimak, Argapura, Argapura Pantai, Hamadi dll.
Batu gamping merupakan bahan galian industri, batu gamping terbagi dalam klastik dan non klastik, batu gamping non klastik merupakan koloni dari binatang laut dari coelenterata, Moluska, dan Protozoa, Foraminifera dan sebagainya, jenis batu gamping ini sering disebut dengan batu gamping Koral karena penyusun utamanya adalah Koral yang merupakan anggota dari Coelentrata. Sedangkan batu gamping klastik merupakan hasil rombakan jenis batu gamping non klastik yang merupakan hasil proses erosi oleh air, transportasi, sortasi, sedimentasi.
Jadi seperti itulah asal usulnya, sekarang kita melihat cara penambangan yang baik, tidak merusak lingkungan, dan aman yang artinya kecelakaan kerja bisa diminimalisir.
Pada umumnya deposit batu gamping ditemukan dalam bentuk bukit. Oleh sebap itu teknik penambangan dilakukan dengan tambang terbuka dalam bentuk kuari tipe sisi bukit (side hiil type) Untuk penambangan skala besar pembongkaran dibantu dengan sistem peledakan beruntun dibantu peralatan berat antara lain eksavator, bulldozer, ripper (penggaruk), sedangkan untuk penambangan skala kecil dilakukan dengan alat sederhana antara lain cangkul, ganco dan sekop.

 Sketsa Penggalian Batu Gamping Dengan Cara Berteras-Teras

Apabila skala penambangannya kecil, sistem yang diterapkan dalam kegiatan penambangan adalah sistem gophering, mengikuti bagian/jalur batu gamping yang relatif mudah dibongkar, namun dengan alasan keselamatan kerja sistem gophering tidak dianjurkan.  Anda bisa lihat di berita-berita para penambang tradisional yang tewas tertimpa runtuhan batu dan tanah karena menggunakan sistem ini.
Sebaiknya penggalian harus diupayakan untuk dimulai dari bagian paling atas. Pekerjaan awal ini memang relatif sulit karena pembuatan jalan ke puncak bukit perlu dibuat dan biaya investasi tidak kembali dengan cepat. Kalau hal ini tidak dilakukan akan ditemui apa yang disebut high wall yang akan menyulitkan kegiatan penambangan selanjutnya. Contohnya Anda bisa lihat di kawasan Bucend Entrop terdapat dinding bekas penambangan yang terjal (lurus) sangat dikhawatirkan kalau dindingnya runtuh akibat pelapukan batu gamping oleh air hujan.
Sangat diharapkan kegiatan penambangan harus memperhatikan konsep penambangan yang baik (good mining practice) yang beberapa aspek diantaranya adalah aspek lingkungan dan keselamatan kerja.
Kalau dalam penambangan batu gamping masalah lingkungan yang mencolok adalah kebisingan akibat deru mesin alat berat yang beroperasi serta debu yang berterbangan akibat lalu-lalang truk pengangkut material. Sedangkan masalah keselamatan kerja kebanyakan akibat dinding batu gamping yang runtuh akibat penggalian yang salah sehingga terbentuk hanging wall dan runtuh menimpa para pekerja.

 Penggalian yang Salah Sehingga Membentuk Dinding yang Menggantung (Hanging Wall), Sangat Membahayakan Para Pekerja Apabila Dinding Ini Runtuh 

Jadi cerita kita kira-kira seperti itu, kalau masalah cara menghitung cadangan batu gamping, analisa petrografi dan teknik pemboran dll Anda bisa tanyakan langsung pada anak-anak Teknik Pertambangan. Semoga topik kita kali ini berguna bagi Anda para pembaca.

(*LRK/berbagai Sumber*)

2 komentar:

  1. hiii da file proses pengolahan k...

    BalasHapus
  2. Ijin salin ya mas buat tugas :) Terima kasih.

    BalasHapus